Minggu, 10 Januari 2016

Manajemen Keuangan Perusahaan



Manajemen Keuangan Perusahaan
            Manajemen keuangan perusahan adalah aktivitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan. Aktivitas yang dilakukan perusahaan pada umumnya berhubungan dengan penentuan keputusan investasi jangka panjang, perolehan dana untuk pembiayaan investasi tersebut, serta pelaksanaan kegiatan operasional keuangan perusahaan. Peran dan tanggung jawab manajer keuangan meliputi perolehan dana, pengumpulan dana, pembayaran utang perusahaan, pengendalian keseimbangan kas perusahaan, serta perencanaan kebutuhan keuangan. Tanggung jawab utamanya adalah meningkatkan nilai perusahaan atau meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham perusahaan. Dengan demikian, manajer keuangan harus berupaya agar keuntungan perusahaan melebihi biaya-biaya yang ditanggungnya.
            Dalam bentuk perusahaan perseorangan atau firma, keuntungan perusahaan akan meningkatkan kesejahteraan pemilik. Pada bentuk perseroan, keuntungan diterjemahkan sebagai peningkatan nilai saham. Untuk meningkatkan nilai perusahaan, manajer keuangan harus dapat menjamin bahwa perusahaan selalu memiliki cukup dana untuk membiayai aktivitas perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa. Maka dari itu laba bersih suatu perusahaan ditentukan oleh faktor risiko usaha dan risiko keuangan. Risiko usaha merupakan suatu risiko yang berkaitan dengan pendapatan serta beban tetap dalam suatu perusahaan. Sedangkan risiko keuangan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi laba bersih yang timbul sebagai akibat dari penggunaan modal asing yang mengahasilkan beban bunga.
Suatu hal yang menarik untuk diperhatikan bahwa manajemen keuangan di dalam perkembangannya memiliki penekanan-penekanan khusus sesuai dengan tingkat perkembangan dunia. Jadi, secara keseluruhan manajemen keuangan telah muncul dari suatu studi yang bersifat deskriptif tentang pendekatan pengelolaan operasional perusahaan. Ketika Joel Dean (1951) menerbitkan bukunya dan mengatakan, bagaimana menganalisis investasi jangka panjang atau evaluasi proyek investasi mulai mendapat perhatian yang besar dari para manajer keuangan. Hal tersebut sekaligus mengubah fokus manajemen keuangan bidang korporasi dari bidang operasional menuju kearah konsep biaya modal, struktur modal, investasi, dan sekaligus penilaian perusahaan. Penekanan atas perlunya pengambilan keputusan yang harus dilakukan oleh para manajer keuangan sangat mewakili literatur-literatur yang membahas masalah manajemen keuangan.


            Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar