Minggu, 10 Januari 2016

Manajemen Sumber Daya Manusia



Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. Dalam mencapai tujuannya, selain memanfaatkan sumber daya yang ada, manajemen juga menggunakan metode ilmiah dan seni. Manajemen sumber daya manusia adalah bagian dari ilmu manajemen yang secara khusus mengatur aspek manusianya. Hal itu adalah hasil dari perkembangan ilmu manajemen itu sendiri yang selama ini dikenal memiliki enam unsur, yaitu Men, Money, Methode, Materials, Machines, dan Market. Unsur Men itulah yang membidani lahirnya ilmu manajemen sumber daya manusia. Menurut Drs. Maluyu S.P Hasibuan (2007) manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
Peran manajemen sumber daya manusia adalah mengatur dan menetapkan program kepegawaian. Menetapkan jumlah, melakukan rekruitmen karyawan, dan menetapkan program kesejahteraan merupakan peran dalam manajemen sumber daya manusia. Fungsi manajemen sumber daya manusia meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemutusan hubungan kerja. Aktivitas pengintegrasian merupakan hal yang penting dan sulit dalam manajemen sumber daya manusia dan kedisiplinan merupakan fungsi manajemen sumber daya manusia yang terpenting. Tujuan manajemen sumber daya manusia sesungguhnya, yaitu untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia dalam usaha meningkatkan efektivitas organisasi dalam rangka mencapai tujuan.
            William B. Werther dan Keith Davis (2002) mengatakan tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi produktif orang untuk organisasi dengan cara yang etis dan bertanggung jawab secara sosial. Secara lebih operasional tujuan manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas pegawai, mengurangi tingkat absensi, mengurangi tingkat perputaran kerja, atau meningkatkan loyalitas para pegawai pada organisasi. Sasaran-sasaran manajemen sumber daya manusia ada empat dimensi, yaitu societal objective, organizational objective, functional objective, dan personal objective. Departemen manajer sumber daya manusia umumnya hanya memiliki otoritas staf, yaitu membantu manajer-manajer operasi perusahaan dalam upaya peningkatan dukungan sumber daya manusia. Tanggung jawab manajemen sumber daya manusia tidak hanya berada pada departemen manajemen sumber daya manusia, tetapi juga pada semua manajer. Sebagai contoh, tanggung jawab manajer dalam manajemen sumber daya manusia, yaitu penempatan orang yang benar pada pekerjaan yang tepat, melakukan orientasi terhadap karyawan baru, melatih karyawan baru, dan meningkatkan produktivitas dari setiap jabatan.

Daftar pustaka
Johar Arifin, A. Fauzi. 2007. Aplikasi Exel dalam Aspek Kuantitatif Manajemen Sumber Daya Manusia. https://books.google.co.id/books?id=tHV3oZ9nwC4C&pg=PA8&dq=manajemen+sumber+daya+manusia&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen%20sumber%20daya%20manusia&f=false. 03/01/2016.
Marihot Tua Efendi Hariandja. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. https://books.google.co.id/books?id=d_HHWRqvNecC&printsec=frontcover&dq=manajemen+sumber+daya+manusia&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen%20sumber%20daya%20manusia&f=false. 03/01/2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar