Pasar
dan Manajemen Pemasaran
Pasar
pada dasarnya dapat diartikan sebagai tempat pertemuan antar pembeli dan
penjual. Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan kelompok orang yang
diorganisasikan untuk melakukan tawar-menawar sehingga terbentuknya harga.
Stanton mengemukakan tentang pasar, yaitu sekumpulan orang yang mempunyai
kepuasan dan kemauan untuk berbelanja. Jadi ada tiga faktor yang menunjang
terjadinya pasar, yaitu dengan segala keinginannya, daya belinya, dan tingkah
laku dalam pembeliannya. Dalam pasar harus ada pemasaran dan manajemen
pemasaran, karena kalau tidak ada itu maka pasar tidak akan ada.
Menurut
Philip Kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat
individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan. Pemasaran diinginkan
melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang
lain. Sedangakan menurut Stanton pemasaran adalah sistem yang berhubungan
dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan, menentukan harga,
hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan
memuaskan pembeli. Jadi, manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan secara
maksimal dalam pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dan
jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar dan memuaskan. Di dalam
manajemen pemasaran, dikenal istilah bauran pemasaran.
Bauran
pemasaran merupakan perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat
dikendalikan berupa produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh
perusahaan agar mendapatkan respon yang diinginkan dalam pasar. Bauran
pemasaran meliputi product, price, place, dan promotion (4P). Selain itu
dikenal juga (4C), yaitu customer needs and wants, cost to the customer,
convenience, dan communication. Selain bauran pemasaran, manajemen pemasaran
perlu diperhatikan sigmentasi pasar. Sigmentasi pasar adalah proses membagi
pasar keseluruhan suatu produk atau jasa ke dalam beberapa segmen.
Daftar pustaka
Widjajanta, Widyaningsih,
Tanuatmodjo. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi. https://books.google.co.id/books?id=gtK9bA1-ASoC&pg=PA62&dq=pasar+dan+manajemen+pemasaran&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=pasar%20dan%20manajemen%20pemasaran&f=false.
20/12/2015.
Umar. 2003. Business An
Introduction. https://books.google.co.id/books?id=rGm-IHwZG0sC&pg=PA129&dq=pasar+dan+manajemen+pemasaran&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
20/12/2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar