Minggu, 10 Januari 2016

Pasar dan Manajemen Pemasaran



Pasar dan Manajemen Pemasaran

Pasar pada dasarnya dapat diartikan sebagai tempat pertemuan antar pembeli dan penjual. Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan kelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar-menawar sehingga terbentuknya harga. Stanton mengemukakan tentang pasar, yaitu sekumpulan orang yang mempunyai kepuasan dan kemauan untuk berbelanja. Jadi ada tiga faktor yang menunjang terjadinya pasar, yaitu dengan segala keinginannya, daya belinya, dan tingkah laku dalam pembeliannya. Dalam pasar harus ada pemasaran dan manajemen pemasaran, karena kalau tidak ada itu maka pasar tidak akan ada.
Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan. Pemasaran diinginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Sedangakan menurut Stanton pemasaran adalah sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan pembeli. Jadi, manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan secara maksimal dalam pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar dan memuaskan. Di dalam manajemen pemasaran, dikenal istilah bauran pemasaran.
Bauran pemasaran merupakan perangkat atau alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan berupa produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan agar mendapatkan respon yang diinginkan dalam pasar. Bauran pemasaran meliputi product, price, place, dan promotion (4P). Selain itu dikenal juga (4C), yaitu customer needs and wants, cost to the customer, convenience, dan communication. Selain bauran pemasaran, manajemen pemasaran perlu diperhatikan sigmentasi pasar. Sigmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa ke dalam beberapa segmen.


Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar