Kamis, 26 Januari 2017

IBADAH

IBADAH

            Ibadah merupakan segala sesuatu atau segala aktifitas yang dilakukan orang muslim. Dalam surat Al-Imran ayat 112 menceritakan tentang ibadah juga sebagai pengertian habluminallah dan habluminnas. Secara teoritas ibadah dibagi menjadi dua bagian yaitu, individual dan sosial. Kalau ibadah individual seperti sholat, zakat, puasa, haji, dan qurban. Sedangkan sosial seperti amal sholeh atau kerja-kerja kemanusian seperti kerja bakti dan peduli bencana. Ibadah bisa dibilang taqorub yang berarti rasa keberagaman atau religiusitas. Dengan taqorub kita bisa mendapatkan ridho Allah. Ubudiyah sebagai fitrah adalah kecendrungan orang-orang yang melakukan ritual. Sholat, zakat, puasa, haji, dan qurban bisa dibilang dengan ubudiyah atau ritual, tetapi ritual yang baik karena mereka yang melakukannya hanya untuk Allah. Dalam surat Ar-Ra’d ayat 28 menceritakan tentang jaminan orang yang mengingat Allah, hatinya akan tentram. Ada sebuah pertanyaan, ritual seperti apakah yang benar? Untuk menguji mana ritual yang benar ada dua cara, yaitu:
1.      Harus tidak membelenggu tapi justru mengangkat harkat dan martabat. Jadi artinya kita harus tetap bersemangat agar kita tidak terbelenggu, seperti dalam surat An-Nisa ayat 104. Dan dalam surat Al-Ma’un menceritakan tentang orang-orang yang mendustakan agama.
2.      Ketulusan atau berserah diri : ikhlas, syukur, sabar. Kalau kita tidak tulus, rasa keberagaman atau taqorub itu tidak akan mucul. Seperti yang ada didalam surat Al-Ma’arij ayat 19-23 menceritakan tentang jaminan untuk orang orang yang sholat, dengan sholat bisa menghilangkan kegelisahan.
Manusia sudah diberi kebebasan dan lakukanlah dengan ketulusan. Pada saat kita sudah tulus dalam hala apapun akan muncul getaran dan rasa nyaman atau kebahagian. Seperti dalam surat Al-Anfal yang menceritakan tentang getaran-getaran cinta. Ibadah apapun yang kita lakukan itu semua untuk pondasi kita menghadap kederitaan atau menguji keteguhan rohani atau juga kekuatan hati. Dalam hal ini seperti didalam surat Al-Baqarah ayat 153 yang bercerita tentang orang yang beriman menjadikan sholat dan sabar sebagai penolongnya. Dampak ibadah individual ke sosial sangat bagus karena beberapa ibadah yang dilakukan secara individual bisa dilakukan dengan cara sosial seperti sholat, kita sholat bisa dengan berjamaah atau mengamalkannya kepada orang disekitar kita, denga seperti itu maka individual dengan sosial saling berkaitan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar