Kamis, 26 Januari 2017

Tauhid


            Seperti yang kita ketahui, tahuid bukanlah pelajaran namun tauhid adalah ilmu. Orang yang mengemukakan tauhid atau yang memberikan ilmu kepada kita itu disebut teolog. Tauhid merupakan ilmu yang mengajarkan atau yang mempelajari tentang mengesakan Allah. Sebagai contoh orang jaman sekarang banyak yang mengesakan Allah, karena orang jaman sekarang banyak yang meninggalkan perintah yang Allah berikan kepada kita. Banyak orang jaman sekarang yang masih menyembah berhala. Orang-orang primitif mempercayai Allah tapi tidak sesungguhnya mempercayai, karena dulu banyak orang yang mencari pesugihan. Mereka yang mencari pesugihan di dalam keimanan hatinya tidak murni. Yang perlu kita pahami saat ini adalah bahwa orang yang menyembah berhala, orang mencari pesugihan atau persekutuan itu disebut musyrik. Kalo kita belum mempercayai Allah kita belum disebut sebagai orang yang beriman, tapi tidak sekedar mempercayai tapi harus konsekuen pada apa yang kita pilih atau pada kepercayaan kita. Saat kita tidak mempercayai adanya Allah berarti kita terbelenggu dalam kehidupan. Mengapa terbelenggu, karena orang itu melakukan hal yang buruk dengan terpaksa. Manusia diberi 2 pilihan untuk hidup, pilihannya kita mau yang terbaik atau buruk. Kenapa manusia disuruh memilih karena kita harus mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Allah meminta kita agar kita bisa mengembangkan sikap terbuka dan mendengarkan yang baik. Saat kita memilih yang terbaik pasti kita tahu apa yang harus kita sembah dan kita harus mempercayai Allah. Kalau kita sudah mempercayai dan beriman kepada Allah, kita harus total berserah diri kepada-nya. Selain semua itu ada yang namanya konsep Laillahaillallah, konsep ini disebut konsep kemandirian. Dalam kemandirian kita harus mempunyai ilmu, kenapa? Karena agar kita bisa tetap beriman kepada Allah. Adanya ilmu di dalam diri kita untuk mengefektifkan kita agar kuat terhadap cobaan yang diberikan oleh Allah. Ilmu berkembang dari penguasaan hukum-hukum kehidupan atau yang kita sebut adalah takdir.
Surat-surat yang berkaitan dengan tauhid :
  • Az-Zumar ayat 38, Al Ankabut ayat 63, Az Zukhruf ayat 9&87, dan surat Al Luqman ayat 25 menceritakan tentang islam sebelum orang arab datang, mereka tahu bahwa Allah itu ada tapi mereka menyembah berhala.
  • Al An’am ayat 82 dan surat Muhammad ayat 2 menceritakan perlunya orang muslim menjaga kemurnian Allah.
  • Al Imran ayat 173, Al Imran ayat 139, dan surat Al Baqarah ayat 190 menceritakan tentang kita bahwa kita harus fokus beriman kepada Allah, diminta kepercayaan dirinya terhadap Allah.
  • Az Zumar ayat 18, Al Furqan ayat 73, dan surat Al Isra ayat 36 menceritakan tentang perintah Allah untuk mengembangkan sikap terbuka dan mendengarkan yang baik, mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Surat Mujadala ayat 11 dan surat Yusuf ayat 76 menceritakan tentang orang yang beriman memerlukan ilmu.
  • Al Hadid ayat 4 menceritakan tentang orang yang beriman selalu mempunyai harapan.
  • An Nisa ayat 48 menceritakan tentang dosa dan syirik tidak diampuni oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar